Perbaiki Kesalahan ‘UI Sistem Tidak Menanggapi’ di Android (8 Metode)

Android adalah sistem operasi yang tidak pernah terkenal stabilitasnya. Sudah umum bagi pengguna Android untuk menghadapi kesalahan jaringan, kesalahan aplikasi, dll. Baru-baru ini, banyak pengguna dilaporkan mendapat pesan kesalahan ‘UI Sistem tidak merespons’.

Sebenarnya ‘System UI Not Responding’ bukanlah hal baru, sekarang sudah menjadi kesalahan umum, dan bisa muncul di semua versi Android. Pesan error ini paling sering terlihat di perangkat Samsung, LG, dan Motorola, namun terkadang juga muncul di smartphone Android lainnya.

Saat pesan kesalahan muncul, layar Android membeku dan menjadi tidak responsif. Restart adalah satu-satunya cara untuk membuat Android responsif kembali. Nah, jika muncul error ‘System UI Not Responding’ di smartphone Android kamu, kamu perlu mencoba perbaikan berikut ini.

Mengapa muncul Error ‘System UI Not Responding’?

Pesan kesalahan umumnya muncul ketika sistem menjadi tidak responsif. Berikut adalah alasan paling umum untuk UI Sistem Tidak Menanggapi Pesan eror.

  • Kurangnya penyimpanan internal
  • Cache aplikasi usang atau rusak.
  • Aplikasi berbahaya.
  • Kartu SD rusak.
  • File Sistem Rusak.
  • Jumlah RAM yang tersedia rendah.

Perbaiki Kesalahan ‘UI Sistem Tidak Menanggapi’ di Android

Sekarang setelah Anda mengetahui semua kemungkinan alasan untuk pesan kesalahan ‘UI Sistem Tidak Menanggapi’, pemecahan masalahnya menjadi mudah. Jika Anda mendapatkan Sistem UI Tidak Menanggapi kesalahan di Android Anda, inilah yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya.

1) Mulai ulang ponsel Android Anda

Mulai ulang ponsel cerdas Android Anda

Langkah pertama termasuk me-restart smartphone Android Anda. Restart Android akan segera memperbaiki error ‘System UI Not Responding’, tapi ini solusi sementara.

Jadi, jika Anda sangat ingin menggunakan ponsel cerdas Android Anda dan tidak punya waktu untuk menyelesaikan masalah secara permanen, Anda perlu memulai ulang ponsel cerdas Android Anda.

Memulai ulang akan membuat aplikasi System UI Anda responsif lagi. Setelah restart, ikuti metode selanjutnya untuk solusi permanen.

2) Kosongkan Cache Aplikasi System UI

Jika Anda tidak tahu, UI Sistem adalah aplikasi sistem yang disembunyikan dari pengguna. Ketika file cache System UI menjadi usang, itu menjadi tidak responsif dan menunjukkan kepada Anda ‘UI sistem telah berhenti bekerja‘ pesan eror.

Jadi, dalam metode ini, kita perlu bersihkan cache aplikasi System UI untuk memperbaiki System UI telah berhenti bekerja pesan kesalahan. Inilah yang perlu Anda lakukan.

1. Buka laci aplikasi Android dan ketuk Aplikasi.

Aplikasi

2. Pada Aplikasi, pilih Semua aplikasi atau Manajemen Aplikasi.

Manajemen Aplikasi

3. Di layar berikutnya, ketuk pada tiga titik di pojok kanan atas dan pilih ‘Tampilkan Sistem‘.

Tampilkan Sistem

4. Sekarang, temukan aplikasi System UI dan ketuk di atasnya. Selanjutnya, ketuk Penggunaan Penyimpanan.

Penggunaan Penyimpanan

5. Pada layar Penggunaan Penyimpanan, ketuk pada Hapus Cache pilihan.

Hapus Cache

Itu dia! Ini adalah bagaimana Anda dapat memperbaiki pesan kesalahan System UI Not Responding pada smartphone Android Anda.

3) Hapus Cache Layanan Google Play

Banyak pengguna mengklaim untuk memperbaiki pesan kesalahan Sistem UI dengan menghapus Cache Layanan Google Play. Karenanya, Anda juga bisa melakukannya. Berikut cara menghapus Cache Layanan Google Play di Android.

1. Buka laci aplikasi Android dan ketuk Aplikasi.

Aplikasi

2. Pada Aplikasi, pilih Semua aplikasi atau Manajemen Aplikasi.

Manajemen Aplikasi

3. Di layar berikutnya, temukan Layanan Google Play aplikasi dan ketuk di atasnya.

Layanan Google Play

4. Pada layar info Aplikasi Layanan Google Play, ketuk Penggunaan Penyimpanan.

Penggunaan Penyimpanan

5. Selanjutnya, ketuk pada Hapus Cache pilihan.

Hapus Cache

Itu dia! Ini adalah bagaimana Anda dapat menghapus cache Layanan Google Play untuk menyelesaikan kesalahan System UI Not Responding Android.

4) Perbarui Semua Aplikasi dari Google Play Store

Terkadang bug di aplikasi yang kedaluwarsa memicu pesan kesalahan Sistem UI. Jadi, jika muncul pesan kesalahan karena aplikasi yang sudah usang pada perangkat Anda, Anda perlu memperbarui semua aplikasi. Anda dapat menggunakan Google Play Store untuk memperbarui semua aplikasi usang. Inilah cara melakukannya.

1. Buka Google Play Store dan ketuk Anda foto profil.

foto profil

2. Pada prompt yang muncul, ketuk Kelola aplikasi dan perangkat.

Kelola aplikasi dan perangkat

3. Pada Kelola aplikasi dan perangkat, ketuk pada Perbarui semua pilihan.

Perbarui semua

Itu dia! Ini akan memperbarui semua aplikasi Android Anda. Pastikan Anda terhubung ke internet saat Google Play Store memperbarui semua aplikasi Android Anda.

5) Hapus Instalasi Aplikasi Pihak Ketiga

Jika pesan kesalahan ‘UI Sistem Tidak Menanggapi’ muncul setelah memasang aplikasi pihak ketiga, Anda perlu mencopot pemasangannya dan mencobanya.

Menonaktifkan atau menutup paksa aplikasi tidak akan membantu karena dapat berjalan secara otomatis saat boot.

Jika Anda tidak dapat mengingat aplikasi pihak ketiga yang telah Anda instal, tinjau daftar aplikasi dan hapus instalan semua aplikasi yang mencurigakan.

6) Jalankan Pemindaian Virus Penuh

Jalankan Pemindaian Virus Penuh

Seperti disebutkan di atas, virus dan malware adalah alasan utama lainnya di balik pesan kesalahan ‘UI Sistem Tidak Menanggapi’.

Terkadang malware berada di perangkat Anda dan menghabiskan sumber daya RAM. Jadi, bisa jadi malware meningkatkan penggunaan Memori dan membuat UI Sistem tidak responsif.

Karena sulit untuk mendeteksi malware, Anda harus menggunakan aplikasi antivirus pihak ketiga di ponsel cerdas Anda. Untuk daftar aplikasi keamanan untuk Android, lihat panduan kami – Aplikasi Keamanan Android Terbaik yang Harus Anda Miliki.

7) Perbarui Versi Android Anda

periksa pembaruan sistem

Jika file Sistem Android Anda rusak, Anda tidak dapat menyelesaikannya. Satu-satunya hal yang dapat Anda lakukan adalah memperbarui versi Android Anda.

Memperbarui versi Android juga akan mengesampingkan bug OS. Jadi, sambungkan ponsel Anda ke internet dan periksa semua pembaruan yang tersedia.

Anda dapat memeriksa pembaruan Android dengan membuka Setelan > Tentang Perangkat > Pembaruan Sistem. Pada Pembaruan Sistem, unduh dan instal jika ada pembaruan yang tertunda.

8) Atur Ulang Perangkat Anda

Jika semuanya gagal untuk memperbaiki pesan kesalahan ‘UI Sistem Tidak Menanggapi’ di Android Anda, Anda tidak memiliki pilihan selain mengatur ulang perangkat.

Namun, mengatur ulang perangkat akan menghapus semua aplikasi yang terpasang, pengaturan, dan semua data yang disimpan. Jadi, pastikan untuk mencadangkan semua file penting Anda sebelum mengatur ulang perangkat Anda. Untuk mengatur ulang Android Anda, ikuti langkah-langkah yang dibagikan di bawah ini.

1. Pertama-tama, buka Pengaturan aplikasi di Android Anda.

2. Pada Pengaturan, gulir ke bawah dan ketuk Pengaturan sistem.

Pengaturan sistem

3. Selanjutnya, gulir ke bawah ke bawah, ketuk Cadangkan dan setel ulang.

Cadangkan dan setel ulang

4. Pada layar Cadangkan dan setel ulang, ketuk pada Atur Ulang Telepon.

Atur Ulang Telepon

5. Di layar berikutnya, ketuk Atur ulang semua pengaturan.

Atur ulang semua pengaturan

Itu dia! Ini adalah bagaimana Anda dapat mengatur ulang perangkat Android Anda.

Baca juga: Cara Menjalankan Aplikasi Android Di Mac OS

UI Sistem Tidak Menanggapi dapat mengganggu, tetapi sekarang menjadi kesalahan umum, dan setiap pengguna Android menghadapinya. Anda dapat mengikuti metode ini untuk memperbaiki kesalahan System UI Not Responding di Android Anda dengan mudah. Jika Anda memerlukan bantuan lebih lanjut untuk menyelesaikan kesalahan UI Sistem di Android, beri tahu kami di komentar di bawah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *