Cara Meningkatkan Performa SSD di Windows 11 (4 Metode)

Akui saja, SSD seharusnya lebih cepat daripada HDD, dan pengguna memasangnya di laptop atau komputer mereka untuk meningkatkan kinerja sistem mereka. Namun, setelah memutakhirkan ke Windows 11 terbaru, banyak pengguna yang mengeluhkan kinerja SSD yang lambat.

Pengguna mengklaim kinerja SSD mereka menjadi lebih lambat dari sebelumnya setelah memperbarui ke Windows 11. Setelah mendapatkan banyak keluhan pengguna, Microsoft merilis pembaruan yang berfokus pada perbaikan kinerja SSD yang lambat pada Windows 11.

Pembaruan telah menghapus bug yang mengganggu fungsionalitas SSD, tetapi masalahnya masih ada, dan pengguna terpaksa mencari cara lain untuk memperbaiki masalah SSD. Karenanya, Anda mungkin menemukan panduan ini berguna jika Anda melihat penurunan yang signifikan dalam kinerja SSD Anda.

Tingkatkan Kinerja SSD di Windows 11

Di bawah ini, kami telah membagikan beberapa metode sederhana dan mudah meningkatkan kinerja SSD pada Windows 11 komputer. Cara-caranya akan sangat mudah; ikuti mereka seperti yang telah kami sebutkan. Mari kita mulai.

1) Instal Pembaruan Windows 11 KB5007262

Seperti yang kami catat di awal posting, Microsoft merilis tambalan untuk memperbaiki masalah kinerja SSD pada Windows 11. Tambalan tersedia di Pembaruan Windows 11 KB5007262. Jadi, periksa pembaruan yang tersedia di PC Windows 11 Anda dan instal.

Jika PC Anda tidak memenuhi syarat untuk menerima pembaruan KB5007262, Anda perlu mengunduh & memasangnya secara manual. Untuk itu, ikuti beberapa langkah sederhana yang telah kami bagikan di bawah ini.

1. Buka browser web favorit Anda dan kunjungi Katalog Pembaruan Microsoft halaman.

Katalog Pembaruan Microsoft

2. Di halaman Katalog Pembaruan Microsoft, cari KB5007262.

KB5007262

3. Selanjutnya, unduh versi x64 untuk file pembaruan. Setelah diunduh, instal pembaruan di komputer Anda.

Itu dia! Ini adalah bagaimana Anda dapat mengunduh dan menginstal Windows 11 KB5007262 secara manual.

2) Aktifkan Pengaktifan Cepat

Pembaruan mungkin akan memperbaiki masalah kinerja SSD yang lambat di komputer Windows 11 Anda. Namun, setelah menerapkan tambalan, Anda dapat membuat beberapa perubahan untuk lebih meningkatkan kinerja SSD Anda. Berikut cara mengaktifkan Fast Startup.

1. Buka Panel Kontrol di Windows 11 Anda dan klik Perangkat keras dan Suara.

Perangkat keras dan Suara

2. Pada halaman Perangkat Keras dan Suara, klik pada Opsi Daya.

Opsi Daya

3. Pada Opsi Daya, klik Pilih apa yang dilakukan tombol daya.

Pilih apa yang dilakukan tombol daya

4. Pada layar berikutnya, klik pada Ubah pengaturan yang saat ini tidak tersedia.

Ubah pengaturan yang saat ini tidak tersedia

5. Sekarang, di bawah pengaturan Shutdown, memeriksa itu ‘Aktifkan mulai cepat‘. Setelah selesai, klik pada Simpan perubahan tombol.

Aktifkan mulai cepat

Itu dia! Ini akan mengaktifkan Fast Startup pada perangkat Windows 11 Anda.

3) Nonaktifkan Program Startup di Windows 11

Program startup yang tidak perlu dapat memperlambat waktu boot Windows 11 Anda. Bahkan jika Anda memiliki SSD, Anda akan melihat penurunan kinerja jika Anda mengaktifkan banyak Program Startup. Berikut cara menonaktifkan Startup Programs untuk meningkatkan performa SSD di Windows 11.

1. Pertama, klik pencarian dan ketik Windows 11 Pengelola tugas. Selanjutnya, buka aplikasi Task Manager dari daftar hasil yang cocok.

Pengelola tugas

2. Di Task Manager, alihkan ke Aplikasi startup tab, seperti yang ditunjukkan pada tangkapan layar di bawah ini.

Memulai

3. Sekarang klik pada bagian Status untuk mengurutkan aplikasi yang diaktifkan. Sekarang, klik kanan pada semua aplikasi yang tidak perlu dan pilih ‘Cacat’

Cacat

Itu dia! Anda harus mengulangi langkah-langkah untuk setiap aplikasi Startup yang ingin Anda nonaktifkan.

4) Nonaktifkan Defragmentasi SSD

Alat Defragmentasi Disk Windows memungkinkan Anda mengosongkan ruang penyimpanan dan mempercepat drive yang menua. Alat ini mengisi celah kosong dan mendekatkan data yang disimpan untuk akses yang lebih cepat.

Namun, Anda tidak perlu menjalankan defragmentasi pada SSD karena akan mempersingkat masa pakainya. Banyak pengguna melaporkan mempercepat SSD hanya dengan menonaktifkan defragmentasi SSD. Inilah yang perlu Anda lakukan.

1. Pertama, klik pencarian dan ketik Windows 11 Defragment. Selanjutnya, luncurkan Defragmentasi dan optimalkan drive alat dari daftar hasil yang cocok.

Defragmentasi dan optimalkan drive

2. Klik pada Ubah pengaturan tombol di bawah Pengoptimalan terjadwal.

Pengoptimalan terjadwal

3. Pada prompt Optimalkan Drive, hapus centang itu ‘Jalankan sesuai jadwal‘ pilihan. Setelah selesai, klik pada Oke tombol.

Jalankan sesuai jadwal

Itu dia! Ini adalah bagaimana Anda dapat mempercepat SSD di Windows 11 Anda dengan menonaktifkan defragmentasi SSD.

Baca juga: Unduh Gratis Windows 11

Jadi, ini adalah beberapa cara terbaik untuk mempercepat SSD di komputer Windows 11 Anda. Beri tahu kami di kotak komentar di bawah jika Anda mengetahui cara lain untuk mempercepat SSD yang lambat di Windows 11.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *