Cara Mengatasi Bluetooth Nyala Otomatis di Android

Meskipun orang sekarang mengandalkan WiFi untuk bertukar file, banyak orang menggunakan Bluetooth. Bluetooth adalah teknologi nirkabel yang sangat populer digunakan untuk tethering, dan perangkat pengupas seperti Speaker, Keyboard, Telepon, dll.

Ini juga digunakan untuk mentransfer file dari telepon ke telepon. Smartphone Android memiliki fitur Bluetooth built-in, dan Anda tidak perlu menginstal aplikasi khusus apa pun untuk menggunakan teknologi nirkabel ini.

Namun, ada masalah yang tidak biasa yang dihadapi pengguna Android baru-baru ini terkait dengan Bluetooth. Banyak pengguna Android mengklaim bahwa konektivitas Bluetooth ponsel mereka aktif secara otomatis.

Perbaiki Bluetooth Menghidupkan Secara Otomatis Di Android

Jadi, jika Bluetooth menyala Otomatis di Android Anda, dan Anda sedang mencari cara untuk mengatasi masalah tersebut, Anda membaca panduan yang tepat. Di bawah ini, kami telah membagikan beberapa metode sederhana untuk membantu mencegah Bluetooth menyala secara otomatis di Android. Mari kita mulai.

1) Mulai ulang Perangkat Android Anda

Mulai ulang Perangkat Android Anda

Jika Bluetooth aktif secara otomatis pada perangkat Android Anda, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah me-restart perangkat Android Anda.

Restart telepon sederhana menonaktifkan semua aplikasi dan proses latar belakang. Jadi, jika Bluetooth menyala secara otomatis karena suatu aplikasi atau proses, itu akan teratasi setelah restart.

2) Aktifkan/Nonaktifkan Bluetooth

Aktifkan/Nonaktifkan Bluetooth

Jika Bluetooth menyala secara otomatis setelah restartAnda dapat mematikannya selama beberapa detik dan menyalakannya kembali.

Ini akan menyegarkan Bluetooth. Anda dapat mengikuti metode ini sebelum me-restart Android Anda juga. Anda juga dapat mencoba menonaktifkan Bluetooth dan memulai ulang ponsel cerdas Anda. Setelah dimulai ulang, aktifkan layanan Bluetooth.

3) Instal Pembaruan Android

Instal Pembaruan Android

Beberapa pengguna menghadapi masalah yang sama dengan smartphone Android mereka. Ini terjadi karena bug di sistem operasi yang mengganggu fungsionalitas layanan Bluetooth.

Akibatnya, Bluetooth terus menyala secara otomatis. Jadi, cara terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menginstal semua pembaruan Android yang tertunda. Buka Pengaturan Android dan instal semua pembaruan OS yang tertunda.

4) Matikan Penambatan Bluetooth

Matikan Penambatan Bluetooth

Di beberapa smartphone Android, fitur Bluetooth Tethering dikonfigurasi untuk mengaktifkan Bluetooth setiap kali mendeteksi perangkat yang tersedia untuk tethering.

Kemungkinan ponsel Anda memiliki fitur ini. Setiap kali mendeteksi perangkat apa pun yang berbagi internet melalui Bluetooth Tethering, itu mengaktifkan Bluetooth di ponsel Anda dan mencoba untuk terhubung dengannya.

Jadi, Anda perlu menuju ke Pengaturan di Android Anda dan pilih Koneksi & Berbagi > Penambatan Bluetooth. Anda perlu mematikan ‘opsi Bluetooth Tethering untuk menonaktifkan fitur tersebut.

5) Setel ulang Pengaturan Bluetooth di Android Anda

Jika Bluetooth Anda terus menyala secara otomatis bahkan setelah menginstal semua pembaruan Android yang tertunda, Anda perlu mengatur ulang Pengaturan Bluetooth. Inilah cara Anda dapat Mengatur Ulang Pengaturan Bluetooth di ponsel pintar Android Anda.

1. Pertama, buka Pengaturan aplikasi di perangkat Android Anda.

2. Sekarang gulir ke bawah dan ketuk Pengaturan sistem.

Pengaturan sistem

3. Pada Pengaturan Sistem, gulir ke bawah hingga akhir dan pilih ‘Cadangkan dan setel ulang

Cadangkan dan setel ulang

4. Selanjutnya tap opsi Reset Phone dan tap ‘Setel ulang pengaturan jaringan‘.

Setel ulang pengaturan jaringan

Itu dia! Ini akan mengatur ulang pengaturan WiFi, Bluetooth, dan jaringan seluler Anda di ponsel pintar Android Anda.

6) Nonaktifkan Pemindaian Bluetooth

Pemindaian Bluetooth adalah fitur yang memungkinkan aplikasi dan layanan memindai perangkat terdekat kapan saja, bahkan saat Bluetooth dimatikan. Fitur ini dirancang untuk meningkatkan fitur berbasis lokasi. Namun, Anda dapat mematikannya untuk menyelesaikan Bluetooth yang menyala secara otomatis di Android.

1. Pertama, buka aplikasi Pengaturan di smartphone Android Anda.

2. Saat aplikasi Pengaturan terbuka, gulir ke bawah dan ketuk Lokasi.

Lokasi

3. Di Lokasi, ketuk Pemindaian WiFi dan Bluetooth.

Pemindaian WiFi dan Bluetooth

4. Di layar berikutnya, cacat sakelar untuk ‘Pemindaian Bluetooth

Pemindaian Bluetooth

Itu dia! Ini akan menonaktifkan fitur pemindaian Bluetooth di Android Anda untuk meningkatkan akurasi lokasi.

7) Nonaktifkan Akses Aplikasi Khusus

Aplikasi Android tertentu tersedia di Play Store dan toko aplikasi pihak ketiga yang memerlukan perubahan pengaturan sistem. Aplikasi semacam itu dapat mengaktifkan koneksi Bluetooth Anda tanpa izin Anda.

Jadi, jika Anda mencurigai ada aplikasi yang mengubah pengaturan sistem untuk menggunakan Bluetooth, Anda perlu mencari dan mencabut izinnya. Inilah cara Anda melakukannya.

1. Pertama, buka aplikasi Pengaturan di perangkat Anda dan ketuk Aplikasi.

Aplikasi

2. Pada Aplikasi, ketuk Akses aplikasi khusus.

Akses aplikasi khusus

3. Di layar berikutnya, ketuk pada Ubah pengaturan sistem.

Ubah pengaturan sistem

4. Sekarang, Anda akan melihat semua aplikasi yang dapat mengubah pengaturan sistem. Jika Anda mencurigai aplikasi apa pun, ketuk dan cacat sakelar untuk ‘Izinkan untuk mengubah pengaturan sistem’.

Izinkan untuk mengubah setelan sistem

Itu dia! Ini adalah bagaimana Anda dapat mencegah aplikasi tertentu mengubah pengaturan sistem pada ponsel pintar Android Anda.

8) Nonaktifkan Quick Device Connect di Android Anda

Quick Device Connect adalah layanan yang memungkinkan perangkat Anda menemukan dan terhubung ke perangkat lain dengan cepat. Biasanya memerlukan Izin Lokasi, tetapi terkadang juga dapat menggunakan Bluetooth. Karenanya, jika Anda akan menyelesaikan Bluetooth yang menyala secara otomatis di Android, Anda perlu menonaktifkan Quick Device Connect.

1. Buka aplikasi Pengaturan di perangkat Android Anda dan ketuk Koneksi & Berbagi.

Koneksi & Berbagi

2. Di layar Koneksi & Berbagi, gulir ke ujung dan nonaktifkan ‘Koneksi perangkat cepat‘ melayani.

Koneksi perangkat cepat

Itu dia! Ini adalah bagaimana Anda dapat menonaktifkan fitur Quick Device Connect di perangkat Android Anda untuk memperbaiki Bluetooth yang menyala secara otomatis.

9) Perbarui Semua Aplikasi di Android

Perbarui Semua Aplikasi di Android

Terkadang bug di aplikasi dapat menggunakan fungsionalitas Bluetooth Anda dan menyalakannya secara otomatis. Meskipun Anda perlu memberikan perhatian khusus pada aplikasi yang memerlukan Bluetooth, disarankan untuk memperbarui semua aplikasi.

Memperbarui semua aplikasi akan memperbaiki bug apa pun yang mungkin menimbulkan masalah Bluetooth dan juga akan mengesampingkan risiko privasi & keamanan. Jadi, pergilah ke Google Play Store dan periksa apakah ada pembaruan yang tertunda untuk aplikasi Anda.

Anda perlu memperbarui semua aplikasi di smartphone Android Anda. Ini mungkin memakan waktu lama, tetapi hasilnya memuaskan, dan itu akan memperbaiki masalah Bluetooth.

10) Bawa Ponsel Anda ke Pusat Layanan

Jika Bluetooth aktif secara otomatis di Android bahkan setelah mengikuti semua metode ini, Anda perlu membawa ponsel ke pusat layanan.

Mereka akan memeriksa masalah perangkat keras dan perangkat lunak. Masalah perangkat keras terkait Bluetooth jarang terjadi, tetapi hal itu bisa terjadi. Hal yang sama juga berlaku untuk perangkat lunak Android. Jadi, disarankan untuk membawa ponsel Anda ke pusat layanan dan menjelaskan masalahnya kepada mereka.

Baca Juga: 10 Aplikasi Pengunduh Torrent Terbaik Untuk Android

Jadi, ini adalah beberapa metode terbaik untuk memperbaiki Bluetooth yang menyala secara otomatis di Android. Kami yakin semua metode ini akan memperbaiki masalah Bluetooth. Juga, beri tahu kami metode mana yang berhasil untuk Anda. Dan jika panduan ini membantu Anda, bagikan juga dengan teman-teman Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *