Cara Memperbaiki File Explorer Not Responding di Windows 11

Windows 11 adalah sistem operasi desktop terbaru dari Microsoft. Dibandingkan dengan Windows 10, Windows 11 memiliki fitur dan opsi penyesuaian yang lebih menakjubkan. Ya, itu juga memiliki banyak bug dan gangguan yang dapat mencegah Anda menggunakan sistem operasi.

Baru-baru ini banyak pengguna Windows 11 ditemukan menghadapi masalah dengan File Explorer. File Explorer atau ‘This PC’ adalah salah satu aplikasi Windows yang paling sering digunakan. Ini digunakan untuk menelusuri folder dan file.

Banyak pengguna telah melaporkan bahwa File Explorer tidak merespons pada Windows 11. File Explorer mogok atau tidak merespons adalah masalah umum, terutama pada sistem operasi Windows 11 yang baru.

Perbaiki File Explorer Not Responding di Windows 11

Panduan ini mungkin berguna jika File Explorer Windows 11 Anda tidak merespons atau mogok. Artikel ini mencantumkan beberapa metode terbaik untuk menyelesaikannya file explorer tidak merespons Windows 11. Mari kita mulai.

1) Mulai ulang Windows 11 File Explorer

Jika Anda tidak dapat mengakses file explorer dan menampilkan ‘Not Responding’, Anda perlu memulai ulang dari Task Manager. Inilah yang perlu Anda lakukan.

1. Buka pencarian Windows 11 dan ketik ‘Pengelola tugas‘. Selanjutnya, buka aplikasi Task Manager dari daftar hasil yang cocok.

Pengelola tugas

2. Pada Task Manager, temukan Penjelajah Windows Proses.

3. Pilih Windows Explorer dan klik Mulai Ulang Tugas tombol.

Mulai Ulang Tugas

Itu dia! Ini akan memulai ulang Windows Explorer. Setelah selesai, buka File Explorer; kali ini, File Explorer akan merespons.

2) Mulai ulang PC Windows 11 Anda

Mulai ulang Windows 11 Anda

Jika memulai ulang Windows Explorer tidak membantu, Anda perlu melakukannya Hidupkan Kembali komputer Anda. Banyak dari kita lupa untuk mematikan atau me-restart komputer kita dan mempertahankannya untuk waktu yang lama.

Sama seperti manusia, gadget memerlukan istirahat, dan memulai ulang atau Mematikan itu penting karena memberi waktu pada perangkat keras Anda untuk menjadi dingin. Jadi, restart komputer Anda jika Anda sudah lama tidak melakukannya.

3) Hapus Riwayat File Explorer

Saat Anda menggunakan File Explorer, ini menyimpan file cache di drive instalasi sistem Anda. Bersamaan dengan itu, Anda juga memiliki file yang menyimpan semua riwayat penjelajah file. Terkadang file-file ini rusak dan mencegah File Explorer berfungsi dengan benar. Untuk memperbaiki masalah ini, Anda perlu menghapus riwayat file explorer.

1. Klik Windows Search dan ketik opsi File Explorer. Selanjutnya, buka Opsi File Explorer dari daftar hasil yang tersedia.

Opsi File Explorer

2. Pada opsi File explorer, alihkan ke Umum tab.

3. Pada bagian Umum, klik tombol ‘Jernih‘ di bagian Privasi.

Jernih

4. Selanjutnya, pada dropdown Open File Explorer, pilih ‘PC ini

PC ini

5. Setelah melakukan perubahan, klik pada Menerapkan tombol.

Itu dia! Ini adalah bagaimana Anda dapat menghapus riwayat File Explorer di Windows 11.

4) Jalankan Pemeriksa Berkas Sistem

Pemeriksa File Sistem atau perintah SFC digunakan untuk menyelesaikan file sistem yang rusak. Perintah tersebut secara efektif memindai PC Anda dan menemukan file sistem yang rusak. Tidak hanya itu, SFC Command juga berupaya memperbaiki atau mengganti file sistem yang rusak.

Jadi, jika File Explorer Windows 11 Anda tidak merespons, Anda dapat mencoba menjalankan perintah SFC di Command Prompt. Inilah yang perlu Anda lakukan.

1. Klik pencarian Windows 11 dan ketik CMD. Selanjutnya, klik kanan pada CMD dan pilih ‘Jalankan sebagai administrator‘.

Jalankan sebagai administrator

2. Di Command Prompt, rekatkan sfc /scannow perintah dan tekan Memasuki tombol.

sfc /scannow

3. Perintah ini akan menjalankan utilitas System File Checker. Prosesnya mungkin memakan waktu beberapa menit untuk selesai.

Itu dia! Ini adalah bagaimana Anda dapat menjalankan perintah SFC pada Windows 11 untuk memperbaiki masalah crash File Explorer.

5) Jalankan alat Perintah DISM

Jika metode SFC mengembalikan pesan kesalahan, Anda harus segera menjalankan perintah DISM. DISM atau Deployment Image Servicing and Management adalah alat baris perintah yang dapat memperbaiki masalah sistem.

Jika Anda Windows 11 File Explorer membeku atau macet karena masalah file sistem, alat DISM akan memperbaikinya. Berikut cara menjalankan alat.

1. Klik pencarian Windows 11 dan ketik CMD. Selanjutnya, klik kanan pada CMD dan pilih ‘Jalankan sebagai administrator‘.

Jalankan sebagai administrator

2. Di Prompt Perintah, rekatkan perintah yang diberikan dan tekan Memasuki tombol.

DISM /Online /Cleanup-Image /RestoreHealth

rekatkan perintah yang diberikan

3. Perintah ini akan menjalankan alat DISM. Prosesnya mungkin memakan waktu beberapa menit untuk selesai.

Begitulah cara mudah memperbaiki masalah Windows 11 dengan alat perintah DISM.

6) Nonaktifkan Perangkat Lunak Antimalware

Meskipun Windows 11 dikirimkan dengan alat keamanan lengkap yang disebut Keamanan Windows, pengguna masih lebih suka menggunakan perangkat lunak antimalware pihak ketiga.

Meskipun tidak ada masalah dalam menggunakan program antimalware terkenal, terkadang alat keamanan bertentangan dengan File Explore.

Cara terbaik untuk menentukan apakah program Antimalware adalah pelakunya nonaktifkan dan mulai ulang komputer Anda. Setelah restart, buka File Explorer. Jika File explorer terbuka dan berfungsi dengan baik, program antimalware Anda adalah penyebabnya.

Anda perlu membuka program antimalware Anda dan memeriksa apakah itu memblokir file sistem apa pun. Jika tidak, mulailah menggunakan aplikasi Keamanan Windows yang disertakan dengan Windows 11.

7) Perbarui Windows 11 Anda

Windows 11 masih sangat baru dan memiliki lebih banyak bug dan gangguan daripada Windows 10. Karena Windows 11 masih dalam pengujian, sebaiknya instal pembaruan yang tersedia.

Ada kemungkinan bug atau kesalahan dalam versi sistem operasi mencegah File Explorer berfungsi dengan benar. Anda dapat dengan mudah menyelesaikan ini dengan menginstal semua pembaruan yang tertunda. Berikut cara memperbarui Windows 11 Anda.

1. Pertama, klik tombol Mulai Windows 11 dan pilih Pengaturan.

Pengaturan

2. Pada Pengaturan, klik pembaruan Windows.

pembaruan Windows

3. Di sisi kanan, klik Periksa Pembaruan.

Periksa pembaruan

Itu dia! Sekarang Windows 11 akan mengunduh dan menginstal pembaruan apa pun yang tersedia untuk perangkat Anda.

8) Setel ulang PC Windows 11

Setel ulang PC Windows 11

Jika tidak ada yang berhasil untuk Anda perbaiki File Explorer tidak merespons Windows 11, Anda hanya dapat mengatur ulang PC Anda. Menyetel ulang Windows 11 ke pengaturan default pabrik adalah ide yang bagus jika Anda tidak tahu cara memperbaiki masalah tertentu.

Ini akan memberi PC Anda awal yang baru dan mungkin memperbaiki File Explorer yang mogok di Windows 11. Kami telah membagikan panduan mendetail tentang cara mereset PC Windows 11 menggunakan Pengaturan. Pastikan untuk mengikuti langkah-langkah yang dibagikan dalam panduan itu.

Jadi, ini adalah beberapa cara terbaik untuk memperbaiki Windows 11 File Explorer Not Responding. Jika Anda memerlukan bantuan lebih lanjut untuk memperbaiki Windows 11 File Explorer membeku atau mogok, beri tahu kami di komentar di bawah. Juga, jika artikel itu membantu Anda, bagikan juga dengan teman-teman Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *