Cara Memindai dan Memperbaiki File Windows yang Rusak

Tidak ada sistem operasi yang sepenuhnya bebas dari bug. Sistem operasi desktop seperti Windows memiliki lebih banyak bug daripada pesaingnya, tetapi hal baiknya adalah Anda dapat memperbaiki sebagian besar masalah di Windows tanpa instalasi bersih.

Paling sering atau tidak, pengguna Windows menghadapi masalah saat menggunakan komputer mereka. Pengguna mungkin melihat pesan kesalahan, kesalahan driver, layar biru kematian, loop restart tanpa henti, dan banyak lagi. Sering kali, masalah ini terkait dengan file sistem yang rusak, dan Anda dapat memperbaikinya dengan mudah.

Langkah-langkah Untuk Memindai dan Memperbaiki File Windows yang Rusak

Karenanya, kami telah membagikan beberapa metode sederhana untuk memindai dan memperbaiki file windows yang rusak dalam panduan terperinci ini. Melakukan ini akan mengesampingkan semua kesalahan dan masalah karena file sistem yang rusak atau hilang. Mari kita mulai.

1. Pertama, tekan jendela tombol lalu ketik Powershelldan sekarang akan menampilkan opsi Windows Powershell, klik kanan padanya dan pilih Jalankan sebagai administrator.

Powershell

2. Sekarang, di PowerShell, masukkan sfc /scannow perintah untuk memindai semua file yang rusak.sfc /scannow

3. Sekarang, Anda perlu memperbaiki file, dan untuk itu, Anda harus memasukkan perintah di bawah ini di Powershell.
Dism /Online /Cleanup-Image /RestoreHealth

masukkan perintah di bawah ini

4. Sekarang, windows akan mulai memperbaiki file, dan Anda harus bersabar dalam proses ini karena akan memakan waktu cukup lama untuk menyelesaikannya.

5. Sekarang, Anda memerlukan file ISO yang sebenarnya untuk memulihkan file. Untuk itu, Anda perlu mengunduh File ISO jendela versi khusus Anda.

6. Saat file diunduh, klik kanan padanya dan pilih opsi gunung.

7. Sekarang kembali ke jendela PowerShell dan masukkan perintah di bawah ini.
Dism /Online /Cleanup-Image /RestoreHealth /Source:wim:X:sourcesinstall.wim:1

Catatan: Ganti huruf “X” dengan huruf drive sebenarnya dari media instalasi Windows Anda.

Jalankan perintah

8. Sekarang jalankan perintah di bawah ini di PowerShell sfc /scannow

sfc /scannow

Itu dia! Sekarang Anda akan melihat pesan bahwa file windows telah berhasil dipulihkan.

Perbaiki file Windows Corrupted jika perintah SFC gagal diperbaiki

Terkadang, perintah SFC gagal memperbaiki file Windows yang rusak. Ini akan menampilkan pesan seperti “Perlindungan Sumber Daya Windows menemukan file yang rusak tetapi tidak dapat memperbaikinya”. Jadi, jika perintah SFC gagal dijalankan atau tidak dapat mengganti file yang rusak, maka perintah DISM terkadang memperbaiki sistem Windows yang mendasarinya.

Namun, Anda biasanya tidak harus menjalankan perintah DSIM. Gunakan hanya jika perintah SFC gagal memperbaiki masalah mendasar.

1. Pertama-tama, buka Command Prompt dengan hak administratif. Sekarang Anda harus memasukkan perintah berikut.

DISM /Online /Cleanup-Image /RestoreHealth

2. Prosesnya bisa memakan waktu antara 10-15 menit hingga selesai. Prosesnya macet di beberapa persen, tetapi tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Perbaiki file Windows yang Rusak jika perintah SFC gagal diperbaiki

Setelah proses scan selesai, maka akan muncul hasil dari perintah DISM. Restart Komputer Windows Anda dan kemudian jalankan perintah SFC lagi. Kali ini, perintah SFC Anda akan berjalan dengan baik dan memperbaiki file yang rusak.

Memperbaiki file sistem saat windows gagal booting

1. Anda harus memiliki DVD instalasi Windows; Anda dapat meminjam satu dari teman atau menggunakan drive Pemulihan yang dibuat di komputer mana pun. Masukkan DVD Instalasi Windows dan boot di komputer Anda.

2. Setelah boot, Anda akan melihat opsi instalasi windows. Langkah pertama, Anda akan diminta untuk memilih bahasa dan format waktu. Klik ‘Lanjut‘ untuk melanjutkan.

Lanjut

3. Sekarang, di halaman berikutnya, Anda perlu mengklik Perbaiki Komputer Anda.

Perbaiki Komputer Anda

4. Sekarang, Anda akan ditanya bagaimana Anda ingin terus memperbaiki komputer Anda. Di sini Anda perlu memilih opsi ‘Memecahkan masalah

Memecahkan masalah

5. Nah pada langkah selanjutnya, Anda akan diberikan dua pilihan; Anda perlu memilih Opsi Lanjutan.

Opsi Lanjutan

6. Sekarang, di bawah “Advanced Options,” pilih “Prompt Perintah

Prompt Perintah

7. Sekarang, di command prompt, Anda perlu menggunakan perintah ‘dir’. Perintah ini akan membantu Anda menemukan huruf drive partisi Windows Anda. Seperti pada tangkapan layar di bawah ini. D:memiliki partisi windows yang sebenarnya.

Pindai dan Perbaiki File Windows yang Rusak

8. Anda perlu menjalankan perintah ‘SFC’ untuk memperbaiki instalasi windows. Ini akan memperbaiki semua file yang rusak. , masukkan perintah

sfc /scannow /offbootdir=D: /offwindir=D:windows

Jalankan perintah

Catatan: Anda dapat mengganti D: dengan huruf drive Anda yang sebenarnya pada perintah di atas

Sekarang, tunggu hingga pemindaian selesai. Setelah selesai, reboot sistem dan selamat menikmati. Ini akan memperbaiki masalah file Windows yang rusak.

Pemulihan Sistem dan Reset

Jika kedua metode tersebut gagal berfungsi, Anda harus menjalankan alat pemulihan sistem untuk memperbaiki masalah tersebut. Alat pemulihan sistem disertakan dalam Windows 10 dan 8.1.

Alat mengembalikan file sistem operasi Anda ke keadaan sebelumnya, saat file tidak rusak. Namun, ingat nama aplikasi penting atau cadangkan file Anda ke hard drive eksternal atau Flashdisk karena pemulihan sistem akan menghapus beberapa aplikasi yang terpasang di komputer Anda.

1. Pertama, di bilah pencarian Windows, masukkan “System Restore”, lalu buka Buat Titik Pemulihan.

Buat Titik Pemulihan

2. Anda perlu mengklik mengkonfigurasi tombol.

mengkonfigurasi

3. Anda harus mengaktifkan “Aktifkan perlindungan sistem“, jadikan Max Usage level 5-10%, dan tekan Terapkan.

Aktifkan perlindungan sistem

Mengatur ulang:

Anda juga dapat memperbaiki file Windows yang rusak dengan melakukan reset lengkap. Untuk itu, buka kotak pencarian lalu ketik “System Reset” dan di bawah Reset this PC, klik “Get Started”

Mengatur ulang

Sekarang Anda akan melihat dua opsi “Keep My Files” dan “Remove Everything”. Pilih opsi sesuai keinginan Anda.

Pilih opsi

Jadi panduan di atas adalah tentang Pindai dan Perbaiki File Windows yang Rusak. Gunakan metode ini dan perbaiki file yang rusak dengan cepat di OS Windows Anda menggunakan Powershell. Jika Anda terjebak dalam langkah ini dan butuh bantuan, beri tahu kami di komentar di bawah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *