Apa itu Aplikasi CQATest? Bagaimana cara menghilangkannya

Android mungkin adalah sistem operasi seluler terbaik yang pernah dibuat, tetapi juga yang terburuk dalam hal stabilitas & kinerja. Jika Anda membandingkan Android dengan iOS, Anda akan menemukan iOS jauh lebih baik dalam hal kinerja dan stabilitas.

Alasan di balik ini sederhana; Android adalah sistem operasi sumber terbuka, dan pengembang sering terus mencoba eksperimen mereka di aplikasi. Saat membuat ponsel cerdas, pabrikan memasang beberapa aplikasi di Android dan menyembunyikannya.

Aplikasi semacam itu dirancang hanya untuk digunakan oleh pengembang dan terutama digunakan untuk menguji komponen perangkat keras smartphone. Sementara beberapa telepon memungkinkan Anda mengakses aplikasi tersembunyi dari dialer, beberapa memerlukan aktivasi manual.

Jika Anda memegang ponsel cerdas Motorola atau Lenovo, Anda mungkin melihat aplikasi tidak dikenal bernama ‘CQATest’ di laci Aplikasi Anda. Pernahkah Anda bertanya-tanya apa itu CQATest? Artikel ini akan membahas aplikasi CQATest dan cara menghapusnya.

Apa itu CQATest?

Apa itu CQATest?

CQATest adalah aplikasi yang ditemukan di smartphone Motorola dan Lenovo. Juga dikenal sebagai ‘Autitor Kualitas Bersertifikat’, aplikasi ini terutama digunakan untuk tujuan audit.

Peran aplikasi adalah untuk memantau kinerja berbagai aplikasi dan widget di smartphone Android Anda.

Motorola dan Lenovo menggunakan aplikasi CQATest untuk menguji ponsel cerdasnya setelah diproduksi. Aplikasi berjalan diam-diam di latar belakang dan terus memantau status sistem operasi yang diinstal dan komponen perangkat keras.

Apakah saya Membutuhkan Aplikasi CQATest?

Apakah saya Membutuhkan Aplikasi CQATest?

Tim internal Motorola dan Lenovo bergantung pada aplikasi CQATest untuk Pengujian Alfa. Dengan aplikasi ini, tim pengembang memastikan bahwa setiap fungsi smartphone berfungsi dengan baik dan siap untuk memasuki pasar.

Anda dapat menggunakan aplikasi ini jika Anda seorang pengembang dan mengetahui cara melakukan beberapa pengujian telepon. Namun, jika Anda adalah pengguna smartphone biasa seperti saya, Anda tidak akan memerlukan aplikasi CQATest.

Apakah Aplikasi CQATest adalah Virus?

Tidak, itu bukan virus atau malware. Ini adalah aplikasi yang sangat penting yang disembunyikan dari pengguna. Tim internal pembuat smartphone biasanya menyembunyikan aplikasi dari ujung depan, tetapi karena beberapa bug, aplikasi mungkin mulai muncul lagi di laci Aplikasi Anda.

Jika Aplikasi CQATest muncul entah dari mana, kemungkinan ponsel Anda memiliki bug yang menyembunyikan aplikasi tersembunyi. Anda dapat membiarkannya apa adanya; itu tidak akan membahayakan perangkat Anda.

Izin aplikasi CQATest

Izin aplikasi CQATest

Aplikasi CQATest sudah diinstal sebelumnya di ponsel cerdas Anda dan merupakan aplikasi tersembunyi. Karena aplikasi ini dirancang untuk pengujian pabrik/diagnostik dari fungsi perangkat keras, itu akan memiliki izin untuk mengakses semua fitur perangkat keras.

Izin aplikasi CQATest dapat mencakup akses ke sensor ponsel, kartu suara, penyimpanan, dll. Aplikasi tidak akan meminta Anda untuk memberikan izin apa pun, tetapi jika diminta, Anda perlu memeriksa ulang aplikasi dan mengonfirmasi apakah itu aplikasi yang sah .

Bagaimana cara menyingkirkan aplikasi CQATest?

Sejak CQATest adalah aplikasi sistem, Anda tidak dapat menghapusnya dari ponsel cerdas Android Anda. Namun, perhatikan bahwa aplikasi ini disembunyikan secara default. Karenanya, Anda dapat mengikuti beberapa metode untuk menyembunyikan CQATest lagi di perangkat Android Anda. Begini caranya hapus aplikasi cqatest.

Hentikan Paksa Aplikasi CQATest

Jika aplikasi CQATest muncul di daftar Aplikasi Anda, Anda dapat menghentikannya secara paksa. Ini akan menghentikan aplikasi, tetapi tidak akan dihapus dari laci Aplikasi Anda. Berikut cara menghentikan paksa aplikasi CQATest.

  • Pertama-tama, buka aplikasi Pengaturan di perangkat Android Anda.
  • Saat aplikasi Pengaturan terbuka, ketuk Aplikasi & Pemberitahuan > Semua Aplikasi.
  • Sekarang temukan CQATest Aplikasi dan ketuk di atasnya.
  • Pada layar Info aplikasi, ketuk pada Paksa berhenti tombol.
  • Itu dia! Ini akan memaksa menghentikan aplikasi CQATest di smartphone Android Anda.

Perbarui Perangkat Anda

periksa pembaruan sistem

Nah, terkadang beberapa bug di sistem operasi dapat menyembunyikan aplikasi yang tersembunyi. Cara terbaik untuk menghilangkan bug tersebut adalah dengan memutakhirkan versi Android. Jika tidak ada pemutakhiran yang tersedia, setidaknya instal semua pembaruan.

Untuk memperbarui ponsel Android Anda, buka Pengaturan > Tentang Perangkat. Pada layar Tentang Perangkat, ketuk pada Pembaruan sistem.

Jika ada pembaruan yang tersedia, unduh dan instal di ponsel cerdas Anda. Setelah pembaruan, Anda tidak akan lagi melihat aplikasi CQATest di laci Aplikasi Anda.

Hapus Partisi Cache

Jika kedua metode di atas gagal menghapus aplikasi CQATest di ponsel cerdas Anda, Anda perlu menghapus partisi cache. Inilah yang perlu Anda lakukan.

  • Matikan ponsel cerdas Anda. Selanjutnya, tekan dan tahan Volume Turun kunci.
  • Tetap tahan tombol Volume Turun lalu tahan Tombol Daya.
  • Ini akan membuka mode Boot. Di sini, Anda perlu gunakan tombol Volume untuk menggulir ke bawah.
  • Sekarang Anda perlu menggulir ke bawah ke Mode Pemulihan dan tekan tombol Daya untuk memilihnya.
  • Sekarang lagi, gunakan tombol Volume dan pilih Hapus Partisi Cache.

Itu dia! Ini adalah bagaimana Anda dapat menghapus partisi cache dari smartphone Android Anda. Setelah selesai, buka Laci Aplikasi Android Anda; Anda tidak akan menemukan aplikasi CQATest lagi.

Hapus Data / Factory Reset Telepon Anda

Sebelum mengikuti metode ini, buat cadangan yang tepat untuk aplikasi dan file terpenting Anda. Wipe Data/Factory Reset akan menghapus semua file dan pengaturan. Inilah yang perlu Anda lakukan.

  • Matikan ponsel cerdas Anda. Selanjutnya, tekan dan tahan Volume Turun kunci.
  • Tetap tahan tombol Volume Turun lalu tahan Kekuatan Tombol.
  • Ini akan membuka mode Boot. Di sini, Anda perlu menggunakan tombol Volume untuk menggulir ke bawah.
  • Sekarang Anda perlu menggulir ke bawah ke Mode Pemulihan dan tekan tombol Daya untuk memilihnya.
  • Sekali lagi, gunakan tombol Volume dan pilih Hapus Data/Reset Pabrik.

Itu dia! Ini adalah bagaimana Anda dapat menghapus data / factory reset smartphone Android Anda dari Recovery Mode.

Jadi, ini semua tentang Apa itu CQATest dan bagaimana cara menghapusnya. Kami telah menyediakan semua informasi yang mungkin Anda perlukan untuk memahami penggunaan aplikasi CQATest. Jika Anda memerlukan bantuan lebih lanjut tentang topik ini, beri tahu kami di komentar di bawah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *