Apa Arti Terkirim Sebagai SMS melalui Server di Android?

Jika Anda menggunakan smartphone Android, ponsel Anda mungkin telah menginstal aplikasi Google Messages. Google Messages adalah aplikasi pengiriman pesan untuk Android dan digunakan untuk mengirim dan menerima SMS.

Pengguna ponsel cerdas biasa mungkin memerlukan klarifikasi jika mereka melihat ‘Dikirim sebagai SMS melalui Server’ sebagai status pesan alih-alih Kirim, Diterima, dan Terkirim. Jika Anda membaca panduan ini, Anda mungkin melihat Status ‘Dikirim sebagai SMS melalui Server’ yang tidak dikenal tepat di samping SMS yang telah Anda kirim.

Apa Arti Terkirim Sebagai SMS melalui Server di Android?

Pernahkah Anda bertanya-tanya apa yang Dikirim sebagai SMS melalui Server artinya? Jika tidak, Anda telah mendarat di halaman yang tepat. Pada artikel kali ini, kita akan membahas apa arti ‘Kirim sebagai SMS melalui Server’ dan bagaimana cara mencegahnya agar tidak muncul. Mari kita mulai.

Apa Arti Terkirim sebagai SMS melalui Server?

Apa Arti Terkirim sebagai SMS melalui Server?

Orang sudah terbiasa dengan tanda terima baca untuk SMS seperti ‘Baca, Kirim, dan Kirim’. Namun, penampilan ‘Dikirim sebagai SMS melalui Server’ selain SMS mungkin mengkhawatirkan, terutama jika Anda belum mengubah apa pun di aplikasi pesan stok untuk Android.

Untuk memahami apa artinya ‘Dikirim sebagai SMS melalui Server’, Anda harus terlebih dahulu mengetahui tentang RCS (Layanan Komunikasi Kaya) protokol yang diluncurkan Google pada tahun 2020.

RCS atau Rich Communication Services adalah peningkatan melalui SMS. Ini adalah protokol antara operator seluler dan telepon. Alih-alih mengandalkan jaringan seluler, penggunaan RCS mengandalkan koneksi internet.

Itu menggunakan data internet Anda untuk mengirim dan menerima pesan dan menyediakan beberapa fitur obrolan yang bermanfaat. Aplikasi Google Messages untuk Android hadir dengan dukungan bawaan untuk RCS.

Jadi, jika Anda melihat status ‘Terkirim sebagai SMS Via Server’, maka SMS telah dikirim melalui protokol RCS. Ini menegaskan bahwa penerima telah mengaktifkan fitur RCS dan menerima SMS.

Bagaimana Cara Memperbaiki ‘Terkirim sebagai SMS Melalui Server’?

Kirim sebagai SMS melalui server bukanlah kesalahan, juga tidak mengganggu Anda. Artinya SMS sudah berhasil terkirim melalui RCS.

Namun, jika Anda sudah terbiasa dengan status SMS ‘Kirim’, ‘Diterima’, dan ‘Terkirim’, Anda mungkin merasa ‘Dikirim sebagai SMS melalui server’ agak mengganggu.

Jadi, TIDAK ada perbaikan untuk ‘Dikirim sebagai SMS melalui Server’ selama Anda menggunakan fitur RCS. Namun, jika Anda tidak ingin melihat statusnya, Anda harus menghapusnya dengan mengikuti metode yang dibagikan di bawah ini.

1. Aktifkan opsi Tampilkan Saat Disampaikan

Jika Anda menggunakan aplikasi Google Messages untuk menerima dan mengirim SMS, Anda harus mengaktifkan laporan pengiriman SMS. Mengaktifkan laporan pengiriman SMS akan segera menghentikan pesan status ‘Dikirim sebagai SMS melalui Server’.

1. Pertama, buka Pesan Google aplikasi di smartphone Anda.

Pesan Google

2. Saat aplikasi terbuka, ketuk pada foto profil di pojok kanan atas.

foto profil

3. Dari daftar opsi, pilih ‘Pengaturan Pesan’.

Opsi Pesan

4. Selanjutnya, gulir ke bawah dan ketuk Canggih.

Canggih

5. Sekarang, di layar Lanjutan, gulir ke bawah dan aktifkan ‘Dapatkan laporan pengiriman SMS‘ pilihan.

Dapatkan laporan pengiriman SMS

Itu dia! Anda dapat menyembunyikan status ‘Dikirim sebagai SMS melalui Server’ di aplikasi SMS stok.

2. Hapus Cache Pesan Google

Jika pesan ‘Dikirim sebagai SMS melalui Server’ masih muncul bahkan setelah mengaktifkan laporan pengiriman SMS, Anda harus mencoba menghapus cache aplikasi. Inilah yang perlu Anda lakukan.

1. Pertama, buka Pengaturan aplikasi di smartphone Android Anda.

2. Saat aplikasi Pengaturan terbuka, gulir ke bawah dan ketuk Aplikasi.

Aplikasi

3. Sekarang, Anda akan melihat daftar semua aplikasi yang terinstal di perangkat Anda. Di sini Anda perlu menemukan dan mengetuk Pesan.

Pesan

4. Sekarang, ketuk Penggunaan Penyimpanan pilihan pada layar Info aplikasi.

Penggunaan Penyimpanan

5. Di layar berikutnya, ketuk Hapus Cache.

Hapus Cache

Itu dia! Demikian cara mengatasi pesan ‘Sent as SMS via Server’ di smartphone Android.

3. Boot Ponsel Anda ke Safe Mode

Jika Anda menduga bahwa beberapa aplikasi lain mengganggu fungsi SMS Anda, maka Anda perlu mem-boot ponsel Anda ke mode aman dan memeriksanya. Melakukan hal itu akan menghilangkan semua aplikasi pra-instal dan tetap mengaktifkan fitur SMS.

Setelah masuk ke Safe Mode, coba kirim SMS. Jika pesan ‘Dikirim sebagai SMS melalui Server’ muncul bahkan dalam mode Aman, itu karena fitur RCS. Namun, jika pesan tersebut tidak muncul, Anda perlu menyelidiki aplikasi yang terinstal di ponsel cerdas Anda.

Kami telah membagikan panduan terperinci tentang cara masuk ke Safe mode di smartphone Android. Anda bisa mengikuti panduan tersebut untuk mengetahui langkah-langkahnya.

Jadi, panduan ini adalah tentang Apa yang dimaksud dengan mengirim sebagai SMS melalui Server Mean. Kami juga telah membagikan metode untuk menyelesaikan pesan tersebut. Jika Anda memerlukan bantuan lebih lanjut terkait ‘Dikirim sebagai SMS melalui Server’, beri tahu kami di komentar di bawah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *